Sejarah

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wahid Hasyim berdiri sejak tanggal 8 Agustus 2000 yang terdiri dari dua Jurusan yakni : Jurusan Ilm Politik dan Hubungan Internasional, sesuai dengan ijin pendirian dari DIKTI dengan nomor surat Nomor  124/D/O/2000 tanggal 8 Agustus 2000.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wahid Hasyim (UNWAHAS) Semarang merupakan bagian dari keluarga besar civitas Universitas Wahid Hasyim Semarang yang dikelola oleh Yayasan Wahid Hasyim Semarang dengan  akte Notaris Tri Joko Subandriyo, SH. Nomor 13 tanggal 7 Mei 1999, Jo Akte Notaris Masyhuri, SH. Nomor  2 tanggal 31 Juli 2002, sebagai penyesuaian dari perubahan nama Yayasan Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama Jawa Tengah yang didirikan pada tanggal 7 Mei 1999 dan disyahkan dengan Akte Notaris Tri Joko Subandrio, SH No. 13 tahun 1999.

Yayasan Wahid Hasyim yang menaungi Universitas Wahid Hasyim,  tidak dapat dipisahkan dari Nahdlatul Ulama (NU) sebagai stakeholder utama. Nilai-nilai keagamaan, budaya, dan masyarakat nahdliyyin menjadi warna pengembangan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, yaitu dengan mengedepankan nilai-nilai universal Islam Ahlussunnah Wal Jamaah sebagai Islam yang  rahmatan lil-alamin sehingga tidak terbatas melayani warga nahdliyyin saja namun seluruh elemen masyarakat.